Monday, August 8, 2016

Sebelum kita hendak mendekorasi kamar untuk anak, sebaiknya kita perlu untuk memperhatikan 4 aspek berikut ini supaya mereka mau tidur cepat dikamarnya.


Beberapa orangtua memisahkan anak mereka untuk tidur sendiri saat usia - usia tertentu. Hal ini dilakukan para orangtua untuk memberikan pelajaran kemandirian bagi anak. Lewat tidur di kamar sendiri juga orangtua mengajarkan keberanian serta tanggung jawab meski terkadang orangtua masih memegang kendali atas kerapihan barang - barang di kamar anak.

Namun, keputusan orangtua untuk memisahkan kamar anak nggak selalu disambut baik oleh anak. Beberapa anak menolak karena berbagai alasan. Takut, misalnya. Nah kalau sudah begitu orangtua harus putar pikiran agar rencananya berhasil. Salah satunya yaitu dengan men- desain kamar anak agar mereka bisa nyaman di singgasananya yang baru.

Nah, sebelum men- desain kamar anak, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan agar rencana membuat ruangan tidur untuk anak bisa berjalan mulus. Apa sajakah itu.... cekidot

1. TENTUKAN TEMA YANG DISUKAI OLEH ANAK


Orangtua perlu mengetahui kesukaan, hobi, atau obsesi anak. Misalnya kartun superhero, atau tokoh dalam film anak seperti tom & jerry, dll. Dari situ, orangtua bisa mulai memilih desain yang cocok untuk anak dengan tema yang disukainya. Tentukan juga furniture, bed cover, dan sarung bantal dan guling. Berikan desain kamar ini menjadi hadiah ulang tahun agar memiliki kesan yang lebih bagi anak.


2. PAJANG POSTER ATAU LUKISAN YANG DISUKAI OLEH ANAK.


Terkadang anak - anak tidak terlalu perduli dengan dekorasi tema di kamarnya. Orangtua bisa memikirkan hal yang disukai misalnya sebuah hiasan atau lukisan idola favoritnya untuk dipajang di kamar anak. Jangan lupa juga untuk menerapkan unsur seni dalam hiasan tersebut. Jika biasanya poster itu ditempel, kali ini mungkin poster bisa digantung di atau dengan bingkat atau hal kreatif lainnya, ini bisa mendorong kreatifitas anak untuk mencoba hal lainnya. 

3. PERHATIKAN PENCAHAYAAN DI KAMAR ANAK


Pilihlah lokasi kamar yang banyak menyerap sinar matahari pagi. Pilih lampu juga yang tepat, tak hanya terang namun juga bentuk lampu yang unik dan menarik. Sekarang, sudah banyak lampu fancy yang dijual di pasaran. Orangtua bisa membeli lampu tidur yang sesuai dengan tema kamar. Yang paling penting jangan lupakan pencahayaan alami, jangan sampai kamar anak kurang dari asupan sinar matahari karena itu membahayakan untuk kesehatan.


4. BUAT KAMAR ANAK ADALAH CERMINAN KEPRIBADIAN MEREKA


Jauh sebelum dekorasi atau desain kamar anak dilakukan, pastikan anak sudah mantap dengan tema yang kita pilih atau mereka pilih. Dan jangan lupa untuk libatkan langsung mereka dalam proses desain kamarnya. Dengan begitu anak akan memiliki kebanggaan atas karyanya sendiri. Biarkan mereka mengatur tata letak barang - barang di kamar atau bahkan melukis di dinding kamarnya dengan tangannya sendiri. Sebab kamar anak adalah simbol dari kepribadian mereka. Biarkan kamar anak menjadi wadah kreatifitas mereka dan mereka bisa berekspresi bebas didalamnya.

Post a Comment:

Designed By Blogger Templates | Templatelib & Distributed By Blogspot Templates